Updated : Sep 19, 2020 in Uncategorized

Jenis-jenis Surat yang Perlu Kamu Ketahui

 Jenis-Jenis Surat Resmi

Setelah jelas pengertian surat resmi, manfaat dan ciri-cirinya maka Anda juga mesti jelas jenis-jenis surat resmi. Berikut ini adalah macam-macam surat resmi, yaitu:

Surat Keputusan

Surat resmi ini bertujuan untuk mengemukakan ketetapan dari atasan berkenaan hal-hal yang sepanjang ini belum jelas. Umumnya surat ketetapan berhubungan bersama dengan suatu instansi atau lembaga. Misalnya surat ketetapan pengangkatan pegawai. Baca juga, Contoh lamaran kerja.

contoh surat lamaran kerja

Surat Permohonan

Surat keinginan digunakan saat suatu pihak mengemukakan suatu keinginan kepada pihak lain. Misalnya surat keinginan dukungan dana, surat keinginan perceraian, dan lain-lain.

Surat Perintah

Surat resmi yang isinya memberi tambahan instruksi kepada bawahan. Misalnya surat perintah perjalanan dinas, surat perintah untuk lembur, dan lain-lain.

Surat Kuasa

Surat resmi yang isinya memberi tambahan kuasa atau wewenang kepada pihak lain. Misalnya surat kuasa untuk pembayaran pajak, surat kuasa pengambilan uang di bank, dan lain-lain.

Surat Panggilan/ Undangan

Surat resmi yang digunakan untuk memanggil atau mengundang seseorang untuk kepentingan tertentu. Misalnya surat panggilan kerja, surat panggilan kepolisian, surat undangan pernikahan, dan lain-lain.

Surat Edaran

Surat resmi yang dibikin dan dimaksudkan kepada kalangan tertentu dimana isinya pemberitahuan kegiatan atau hal tertentu. Misalnya surat edaran pengumuman libur ujian

Struktur Surat Resmi

Seperti yang disebutkan diatas terhadap pengertian surat resmi terkandung sebagian anggota mutlak yang mesti dilengkapi. Beberapa anggota penulisan surat resmi selanjutnya yaitu:

Kepala Surat (Kop Surat)

Pada kepala surat terdiri dari:

  • Logo instansi/ lembaga
  • Nama instansi/ lembaga
  • Alamat, No. Telephone/ fax, dan e-mail instansi/ lembaga

Nomor Surat

Setiap kali suatu instansi/ instansi mengirimkan surat, pasti ditambah bersama dengan no surat. Dengan ada no surat tersebut, maka akan ringan jelas berapa jumlah surat yang sudah dikeluarkan didalam satu bulan.

Tanggal Surat

Surat resmi selamanya ditambah bersama dengan tanggal pembuatan surat. Ini berguna sebagai informasi kala dibuatnya surat tersebut.

Lampiran atau Hal

Terkadang surat resmi ditambah bersama dengan lampiran, yakni dokumen lain sebagai pendukung surat resmi tersebut.

Alamat Tujuan

Alamat tujuan diberikannya surat resmi tersebut. Biasanya penulisannya dibikin singkat saja dikarenakan alamat lengkap tujuan biasanya tercantum terhadap sampul surat.

Salam Pembuka

Kata pembuka dari sebuah surat resmi dimana bentuknya baku dan resmi bersama dengan bahasa yang sopan.

Isi Surat

Isi surat adalah anggota utama dari surat resmi. Informasi yang dimuat didalam anggota isi mesti dibikin singkat, padat, dan jelas bersama dengan memanfaatkan bahasa baku.

Salam Penutup

Selain salam pembuka, pastinya tersedia salam penutup surat. Hal ini untuk menyatakan kesopanan didalam berkomunikasi melalui surat resmi.

Tanda Tangan Pengirim Surat

Pada anggota ini mesti tercantum nama dan sinyal tangan pengirim surat atau penanggungjawab.

Tembusan

Tembusan dapat dibikin sekiranya surat resmi selanjutnya mesti diketahui oleh pihak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *